Jumat, 25 Desember 2015

BIO HOSPITAL (Smanda Science Fair 2015)




Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 14-18 Desember 2015 SMA Negeri 2 Kuningan  telah menyelenggerakan program dua tahunan yang sangat meriah, yaitu SSF (Smanda Science Fair). SSF meruapakan program yang di dalamnya terdapat berbagai stand dan salah satunya adalah BIO HOSPTAL. BIO HOSPITAL adalah stand gabungan antara dua ekstrakurikuler, yaitu KB Biologi dan PMR. Stand ini bertempat di Lab. Biologi dan buka pukul 08.00 – 14.30 WIB. Mau tahu ada apa saja di BIO HOSPITAL? Silahkan disimak dan semoga bermanfaat, khususnya bagi yang belum sempat datang.


1. PP (Pertolongan Pertama)



Bagian stand yang pertama adalah PP (Pertolongan Petama). Bagian stand ini pastinya dijaga oleh anak PMR. Di sini kita bisa tahu bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan. Bisa dilihat di sini terdapat berbagai macam alat yang akan dijelaskan dan dipraktekan oleh penjaga stand.


2. Tinggi dan Berat Badan Ideal


Bagian stand yang kedua adalah Tinggi dan Berat Badan Ideal. Bagian stand ini juga dijaga oleh anak PMR. Di sini kita bisa tahu berapa tinggi dan berat badan ideal kita dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan.


3. Buta Warna




Bagian stand yang ketiga adalah Buta Warna. Bagian stand ini juga dijaga oleh anak PMR. Di sini kita bisa mengetahui apakah kita buta warna atau tidak dengan menggunakan aplikasi yang telah disediakan. Pada aplikasi tersebut kita diharuskan menjawab pertanyaan mengenai gambar yang ditampilkan. Dan setelah kita menjawab semua pertanyaan, kita dapat melihat hasilnya apakah kita buta warna atau tidak.


4. Kesehatan



Bagian stand yang keempat adalah Kesehatan.  Bagian stand ini juga dijaga oleh anak PMR. Di sini kita bisa cek tensi dan golongan darah lengkap dengan resusnya. Untuk cek golongan darah dan resus pengunjung diharuskan membayar Rp. 8000,00.


5. Pengenalan TOGA


Bagian stand yang kelima adalah Pengenalan TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Bagian stand ini juga dijaga oleh anak PMR. Di sini akan dijelaskan mengenai berbagai macam tanaman obat yang bisa kita tanam di rumah. Kita bisa tahu berbagai macam khasiat yang bisa kita dapatkan dari tanaman obat tersebut.


6. Debus Siput



Bagian stand yang keenam adalah Debus Siput. Hahaha… yang ini kadang-kadang membuat  ane lucu, jengkel, boring (soalnya pernah jaga di sini). Bagian stand ini dijaga oleh anak Bio. Di sini kita bisa lihat atraksi debus siput. Nanti siput nya jalan di atas pelepah pisang yang ada siletnya dan tidak akan terluka. Ada yang tahu gak kenapa?  Tapi yang paling ngeselin siputnya suka MAGER alias malas gerak plus suka ada yang nanya “Kok siputnya gak jalan ya?” Ya iya lah, gak punya kaki.


7. Pernafasan Hewan


Bagian stand yang ketujuh adalah Pernafasan Hewan. Bagian stand ini juga dijaga oleh anak Bio. Di sini kita bisa tahu tentang pernafasan hewan (jangkrik)  dan cara mengukur volume pernafasannya.


8. Larutan Ajaib



Bagian stand yang kedelapan adalah Larutan Ajaib. Bagian stand ini juga dijaga oleh anak Bio. Di sini kita melakukan berbagai percobaan yang menggunakan larutan, diantaranya uji karbohidrat, uji CO2, dan pernafasan anaerob.


9. Mikroskop


Bagian stand yang kesembilan adalah Mikroskop. Bagian stand ini juga dijaga oleh anak Bio. Di sini kita bisa melihat berbagai macam preparat, diantaranya usus halus, otot polos, otot jantung, kaki lalat, dan nyamuk betina. Masih banyak juga preparat yang telah disediakan selain yang sudah dituliskan.


10. Uji Makanan



Bagian stand yang kesepuluh adalah Uji Makanan. Bagian stand ini juga dijaga oleh anak Bio. Di sini ada uji boraks dan formalin. Makanan yang diuji pun beragam dari bakso, mie, sampai batagor dan lain-lain.  Ada yang inget diuji nya pake apa? (bertanya pada diri sendiri).


          11. Eksperimen


Bagian stand yang kesebelas adalah Eksperimen. Bagian stand ini juga dijaga oleh anak Bio. Di sini ada eksperimen uji Vitamin C sebagai antioksidan. Bahannya ada apel, air, air gula, perasan jeruk, dan perasan lemon.


12. Pembedahan dan Pengawetan


Bagian stand yang kedua belas adalah Pembedahan dan Pengawetan. Bagian stand ini juga dijaga oleh anak Bio. Pembedahan dilakukan setiap hari dan hewan yang dibedah diantaranya ada katak, kelinci, burung, dll. Pengawetan yang dilakukan adalah pengawetan serangga.







Selain bagian-bagian stand di atas, ada pula beberapa tambahan. Di pinggir-pinggrir terdapat madding, insectarium, model organ manusia, piala, dan beberapa awetan. Ada pula games heboh yang dipelopori oleh Kang Raka (games berbayar dan berhadiah). Di dekat pintu ada tempat untuk berfoto, lengkap dengan propertinya.

Terima Kasih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar