Sabtu, 30 Januari 2016

Sejarah Singkat Kelurahan Cigadung Kecamatan Cigugur Kuningan Jawa Barat

Kelurahan Cigadung merupakan kelurahan bagian dari Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Saat ini dipimpin oleh seorang lurah yang bernama Bpk. Sandi Pandu Mahesa, S.STP, M.Si. Letak geografisnya, yaitu:
Utara    : Kuningan
Selatan : Cipondok
Barat    : Sukamulya
Timur   : Kuningan



(https://www.google.co.id/maps)

Paman zaman dahulu gunung Ciremai meletus dan terjadi longsor yang kemudian menuju desa Cigadung. Di Cigadung ada seorang yang melindungi desa, yaitu Rincik Mani yang menjaga batu-batu untuk menghalangi longsor, bahkan sampai diduduki batu itu oleh Rincik Manik.

Batu yang sampai sekarang bernama batu kursi berada di jalan Gibug, Cigadung. Setelah batu-batu itu d
ijaga dan akhirnya longsor berbelok ke arah selatan, sehingga desa Cigadung tidak terkena longsor.

Nama Cigadung berasal
kata “Ci” yang berarti air dan “Gadung” yang berarti buah gadung, sehingga Cigadung dapat diartikan air gadung. Sejak dulu masyarakat Cigadung menanam pohon gadung dan diminati banyak orang. Gadung sering dijadikan makanan ringan yang sangat populer pada waktu itu dan pada waktu itu juga cai yang berarti air sangat bersih kini telah menjadi Desa Cigadung yang berarti cai dan gadung. Tapi sekarang di Desa Cigadung tidak ada lagi pohon gadung, karena telah di tebang dan tidak diminati lagi oleh banyak orang. Meskipun begitu masyarakat Cigadung hidup dengan damai dan rukun sampai sekarang.

Sumber: http://bebas-terikat.blogspot.co.id/2009/10/sejarah-singkat-desa-cigadung-kuningan.html

2 komentar: